PENYEBAB MOTOR SUSAH HIDUP
Waduh asiknya yang baru beli atau ngambil motor dari deler motor masih baru ,mengkilat,tanpa lecet yang jelas bisa buat di pakai buat malam mingguan sama ceweknya…..hehehehe…..Nah asikkan tapi lain cerita kalau habis beli motor pagi-paginya susah hidup tuh haduh bikin kesel masak motor masih baru masak dah kayak gini .Di pake choke pun tak mau hidup-hidup juga,distarting bolak-balik juga tak mau hidup,di engkol juga tak mau hidup – hidup juga,,,,Ujung-ujungnya motor masih tidak bisa hidup juga dan akirnya bawa si motor ke bengkel umum,,,,bilang pak “motor saya gak bisa hidup niw,kenapa ya pak”???Jawab karyawan bengkel “oh saya periksa dulu ya dek”….gak lama kemudian karyawan bengkel bilang kalo Aki nya tekor dek….gara-gara di paksa hidupin tu motor pake aki tadi…..Nah kalo kejadian kayak gini gimana???ribet kan jadinya !!!
Penyebab motor baru susah hidup.
Penyebab motor susah hidup itu banyak sekali penyebabnya sahabat seperti:
1.Periksa api pada busi,apakah terdapat percikan api atau tidak sama sekali.
2.Setelan antara bahan bakar dan udara yang miskin/kurus,artinya suplemen bahan bakar tidak optimal jadinya motor susah hidup.
3.Kondisi cuaca,keadaan cuaca juga dapat mempengaruhi kawan ,mengapa demikian begini sekarang kalian bayangan cuaca yang dingin dengan cuaca yang panas,pasti di cuaca yang dingin tersebut motor susah hidup.
4.Kompresi yang melemah,tapi kalau menurut saya kalau motor baru jarang ada yang kompresinya sudah melemah
5.Kesalahan dari pengguna motor,mengapa saya bilang demikian karena kebanyakan orang cuman mengandalkan elektrik start dibanding kick starting karena lebih efisien dan tidak buat capek saja.Sebernarnya boleh sih tapi kasian elektrik stratingnya juga,karena masih pagi sudah dipaksa kasian ujung-ujungnya kena di akinya.
Nah kalau semua system diatas masih juga tidak mau hidup-hidup juga lembiru aja hehehe…. :).Tapi tidak mungkin kalau masih belom hidup juga.Intinya motor bisa hidup itu kalau menurut saya ada 3 faktor ,sahabat rider mau tau….nah seperti dibawah ini:
1. Faktor Pengapian
2. Faktor Kompresi
3. Faktor Bahan bakar
Penjelasanya:
Penyebab motor susah hidup itu banyak sekali penyebabnya sahabat seperti:
1.Periksa api pada busi,apakah terdapat percikan api atau tidak sama sekali.
2.Setelan antara bahan bakar dan udara yang miskin/kurus,artinya suplemen bahan bakar tidak optimal jadinya motor susah hidup.
3.Kondisi cuaca,keadaan cuaca juga dapat mempengaruhi kawan ,mengapa demikian begini sekarang kalian bayangan cuaca yang dingin dengan cuaca yang panas,pasti di cuaca yang dingin tersebut motor susah hidup.
4.Kompresi yang melemah,tapi kalau menurut saya kalau motor baru jarang ada yang kompresinya sudah melemah
5.Kesalahan dari pengguna motor,mengapa saya bilang demikian karena kebanyakan orang cuman mengandalkan elektrik start dibanding kick starting karena lebih efisien dan tidak buat capek saja.Sebernarnya boleh sih tapi kasian elektrik stratingnya juga,karena masih pagi sudah dipaksa kasian ujung-ujungnya kena di akinya.
Nah kalau semua system diatas masih juga tidak mau hidup-hidup juga lembiru aja hehehe…. :).Tapi tidak mungkin kalau masih belom hidup juga.Intinya motor bisa hidup itu kalau menurut saya ada 3 faktor ,sahabat rider mau tau….nah seperti dibawah ini:
1. Faktor Pengapian
2. Faktor Kompresi
3. Faktor Bahan bakar
Penjelasanya:
1.Faktor Pengapian ,yaitu kita mengecek system pengapian di motor,apakah terdapat api atau tidak.Jika tidak terdapat api maka lakukanlah pengecekan.Busi adalah menjadi kendala pertama kali.Cara lepas penutup busi,kemudian lepas busi yang ada di silinder head dengan menggunakan kunci busi yang sesuai.Jika sudah terbuka busi nya maka selanjutnya cek kondisi busi apakah terdapat warna hitam pada kepala busi,kalau ada berarti tandanya berarti pembakarannya pada ruang bakar tidak sempurna ,bisa juga karena setelan angin-angin yang tidak pas.Nah cara mengatasinya bersihkanlah kepala busi dengan menggunakan amplas yang halus,jika perlu bersihkan dalamnya menggunakan benda kecil seperti peniti.Kemudian masukkan kedalam kop busi dan tempelkan busi ke body mesin sambil di starter,atau liat dengan teliti apakah terdapat percikan api pada busi?apakah percikannya kecil?apa bahkan tidak ada api sama sekali?Nah kalau sudah ada percikan api kemudian bersihkan sisa bahan bakar bensin yang ada di silinder head dengan cara menutup dengan kain lalu di engkol 3 sampai 4 kali engkol.Selanjutnya pasang busi.
2.Faktor kompresi,gimana cara kita melihatnya yang paling sederhana yaitu dengan mengengkol kick starter ,kalau los kemungkinan besar kompresi gak ada.Nah gimana carara mengatasinya,kita liat dulu setelan klep apakah kendor,apakah ring piston sudah aus,apakah piston juga sudah aus.pokoknya di cek semua sampai dalam-dalamnya sampai kompresi ada.
3.Faktor bahan bakar,kita cek semua yang berhubungan dengan jalannya bahan bakar,dari tangki,selang-selang,kran bensin,dan bahkan karburatornya.Semuanya harus dicek dengan teliti .Semuanya berurutan periksa satu persatu.
2.Faktor kompresi,gimana cara kita melihatnya yang paling sederhana yaitu dengan mengengkol kick starter ,kalau los kemungkinan besar kompresi gak ada.Nah gimana carara mengatasinya,kita liat dulu setelan klep apakah kendor,apakah ring piston sudah aus,apakah piston juga sudah aus.pokoknya di cek semua sampai dalam-dalamnya sampai kompresi ada.
3.Faktor bahan bakar,kita cek semua yang berhubungan dengan jalannya bahan bakar,dari tangki,selang-selang,kran bensin,dan bahkan karburatornya.Semuanya harus dicek dengan teliti .Semuanya berurutan periksa satu persatu.
Nah kalau semua faktor tersebut sudah di cek saya yakin motor pasti motor akan hidup.
Terimakasih telah membaca,semoga artikel saya ini dapat bermanfaat.Jangan lupa tinggalkan komentar.
Komentar
Posting Komentar