PENGERTIAN MOTOR 4 TAK
Terimakasih sebelumnya telah berkunjung di blog saya blog tentang sepeda motor.Sepeda motor itu memang sangat asik di pelajari apa lagi kalo kita bisa aplikasikan atau menerapkannya pada kehidupan sehari-hari.Sebelum kita mengetahui semua seluk beluk sepeda motor alangkah baiknya kita mengenal dasar –dasar dari sepeda motor itu sendiri,agar kita mudah dan cepat memahaminya.Di posting saya yang kemarin yaitu mengenai “PENGERTIAN MOTOR 2 TAK”dan alhamdulilah kali ini saya dapat memberikan pengetahuan dasar mengenai”PENGERTIAN MOTOR 4 TAK”agar semua pembaca dapat memahaminya saya akan berusaha agar artikel saya ini dapat di mengerti dan dipahami oleh semua pembaca.
Apa itu Motor 4 tak?
Motor bakar 4 tak atau empat langkah adalah motor yang dalam siklus kerjanya membutuhkan 4 kali gerakan piston,yaitu bolak-balik dari TMA(Titik Mati Atas) ke TMB(Titik Mati Bawah),atau 2 kali putaran poros engkol dalam menghasilkan 1 kali langkah kerja.Intinya proses pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, banyak sekali penerapan mesin 4tak seperti mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah tersebut meliputi langkah intake(pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah exhaust( pembuangan). Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel.Nah mudah kan simple sekali bukan!
Motor bakar 4 tak atau empat langkah adalah motor yang dalam siklus kerjanya membutuhkan 4 kali gerakan piston,yaitu bolak-balik dari TMA(Titik Mati Atas) ke TMB(Titik Mati Bawah),atau 2 kali putaran poros engkol dalam menghasilkan 1 kali langkah kerja.Intinya proses pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, banyak sekali penerapan mesin 4tak seperti mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah tersebut meliputi langkah intake(pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah exhaust( pembuangan). Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel.Nah mudah kan simple sekali bukan!
Siapa sih penemu motor 4 tak?
Hayo ada yang tau sobat,oke baiklah penemu dari sitem mekanisme motor 4 tak pertama kali yaitu Nicolaus Otto. Penemu mesin pembakaran dalam atau motor 4 langkah ini lahir pada tanggal 14 Juni 1832 di Negara Jerman, lebih tepatnya di Holzhausen. Penemuan mesin 4 tak oleh otto berdasarkan atas penemuan mesin 2 tak yang menggunakan bahan bakar gas yang ditemukan oleh Etiene Lenoir.
( Nicolaus Otto)
Gimana sebernarnya prisip langkah dari motor 4 tak?
Sebernarnya kalo membahas mengenai prinsip langkah dari motor 4 tak itu sendiri sangat mudah intinya kita harus ingat terlebih dahulu kalau pada system motor 4 tak membutuhkan 4 kali gerakan piston dari TMA ke TMB,atau 2 kali langkah poros engkol untuk melakukan 1 kali langkah kerja.Nah kalau sudah mengetahuinya kita harus ingat juga kalau di dalam motor 4 langkah itu terdapat beberapa langkah yang meliputi langkah hisap,kompresi,kerja,dan langkah buang.Ok lebih jelasnya silahkan baca proses langkah – langkahnya dibawah ini.
Sebernarnya kalo membahas mengenai prinsip langkah dari motor 4 tak itu sendiri sangat mudah intinya kita harus ingat terlebih dahulu kalau pada system motor 4 tak membutuhkan 4 kali gerakan piston dari TMA ke TMB,atau 2 kali langkah poros engkol untuk melakukan 1 kali langkah kerja.Nah kalau sudah mengetahuinya kita harus ingat juga kalau di dalam motor 4 langkah itu terdapat beberapa langkah yang meliputi langkah hisap,kompresi,kerja,dan langkah buang.Ok lebih jelasnya silahkan baca proses langkah – langkahnya dibawah ini.
Langkah ke 1
Saat piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas (sebagian besar mesin bensin) terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukan.
Langkah ke 2
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi (pada mesin bensin berupa nyala busi sedangkan pada mesin diesel berupa semprotan bahan bakar).
Langkah ke 3
Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan didalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah ini adalah proses yang akan menghasilkan tenaga.
Langkah ke 4
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka, mendorong sisa gas pembakaran menuju ke katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.
Saat piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas (sebagian besar mesin bensin) terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukan.
Langkah ke 2
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi (pada mesin bensin berupa nyala busi sedangkan pada mesin diesel berupa semprotan bahan bakar).
Langkah ke 3
Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan didalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah ini adalah proses yang akan menghasilkan tenaga.
Langkah ke 4
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka, mendorong sisa gas pembakaran menuju ke katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.
Nah itulah "PENGERTIAN MOTOR 4 TAK"yang dapat saya postingkan semoga dapat bermanfaat bagi sahabat -sahabat semuanya.Selamat membaca dan jangan lupa tinggalkan komen.
terimakasih, sangat membantu manual teknik
BalasHapusA race tech titanium review: The best VR racing tech titanium
BalasHapusThe best VR columbia titanium boots racing tech titanium review, titanium tubing featuring a full overview and micro touch hair trimmer I have the best titanium vs stainless steel apple watch VR racing ford titanium ecosport experiences available on the market.