Cara mengganti ban dalam dengan benar.
Cara mengganti ban dalam dengan benar.
Saya ingat dulu waktu saya masih duduk dibangku SMK kelas 1,saya adalah anak jurusan Teknik Mekanik Otomotif,kenapa saya mengungkit-ungkit masa lalu saya?simple ceritanya kayak gini saya kos,dan sepulang sekolah saya memperdalam ilmu tentang kebengkelan saya di bengkel umun,ya agar saya dapat cepat langsung menerapkannya dengan praktek,ceritanya begini saat saya dibengkel ada konsumen bilang mau mengganti ban dalamnya karena bocor pada ban roda belakang,dan saya disuruh oleh yang punya bengkel untuk membongkar ban tersebut.Tak lama kemudian roda ban belakang terlepas dan saya siap membuka ban luarnya.Saya buang sisa anginnya,kemudian siap menyongkel dan akirnya ban dalam sudah terbuka.Pada saat pemasangan saya mengerjakan langkah-langkah kebalikan dari melepasnya,dan ban dalam pun sudah terpasang di roda,tiba-tiba saat dipompa dengan mengisi angin dari kompresor ternyata anginnya keluar……”astaga “kata yang punya motor.Lalu jadinya saya drop masak bengkel mau mencari untung malah jadi buntung,tekorlah kalau begini caranya.Ujung-ujungnya saya bilang kepada yang punya motor “maaf pak,saya akan menggantinya kok pak,bapak tenang saja”dan akirnya saya bongkar lagi saya ganti dengan yang baru.Saat pemasangan ban yang baru tersebut saya dipandu oleh pemilik bengkel dan dikasih tau cara-caranya agar ban dalam tidak kecongkel.Pemilik bengkelpun juga bilang kepada saya kalau ingin benar-benar belajar bengkel kamu “harus terlebih dahulu bisa membongkar dan memasang ban”.Dan dari situlah saya mulai berlatih dan serius untuk belajar membongkar ban.Nah itulah sobat singkat ceritanya dari saya,dan pada topik pembahasan saya akan memberikan artikel mengenai “CARA MENGGANTI BAN DALAM YANG BENAR”.
Saya ingat dulu waktu saya masih duduk dibangku SMK kelas 1,saya adalah anak jurusan Teknik Mekanik Otomotif,kenapa saya mengungkit-ungkit masa lalu saya?simple ceritanya kayak gini saya kos,dan sepulang sekolah saya memperdalam ilmu tentang kebengkelan saya di bengkel umun,ya agar saya dapat cepat langsung menerapkannya dengan praktek,ceritanya begini saat saya dibengkel ada konsumen bilang mau mengganti ban dalamnya karena bocor pada ban roda belakang,dan saya disuruh oleh yang punya bengkel untuk membongkar ban tersebut.Tak lama kemudian roda ban belakang terlepas dan saya siap membuka ban luarnya.Saya buang sisa anginnya,kemudian siap menyongkel dan akirnya ban dalam sudah terbuka.Pada saat pemasangan saya mengerjakan langkah-langkah kebalikan dari melepasnya,dan ban dalam pun sudah terpasang di roda,tiba-tiba saat dipompa dengan mengisi angin dari kompresor ternyata anginnya keluar……”astaga “kata yang punya motor.Lalu jadinya saya drop masak bengkel mau mencari untung malah jadi buntung,tekorlah kalau begini caranya.Ujung-ujungnya saya bilang kepada yang punya motor “maaf pak,saya akan menggantinya kok pak,bapak tenang saja”dan akirnya saya bongkar lagi saya ganti dengan yang baru.Saat pemasangan ban yang baru tersebut saya dipandu oleh pemilik bengkel dan dikasih tau cara-caranya agar ban dalam tidak kecongkel.Pemilik bengkelpun juga bilang kepada saya kalau ingin benar-benar belajar bengkel kamu “harus terlebih dahulu bisa membongkar dan memasang ban”.Dan dari situlah saya mulai berlatih dan serius untuk belajar membongkar ban.Nah itulah sobat singkat ceritanya dari saya,dan pada topik pembahasan saya akan memberikan artikel mengenai “CARA MENGGANTI BAN DALAM YANG BENAR”.
Pertama-tama kita bongkar roda terlebih dahulu,caranya :
1. Letakkan sepeda motor pada posisi standar tengah pada tempat yang rata.
2. Lepas baut As roda dengan menggunakan kunci yang sesuai dengan ukuran mur dan baut As roda.
3. Lepas baut pengikat pada rem.
4. Tarik as roda keluar.
Kalau roda sudah terlepas ,kemudian lakukan prosedur pelepasan ban dalam,caranya:
1. Siapkan alat yang di gunakan untuk mencongkel ban biasanya alat pencongkel ban ada 3 buah.
2. Siapkan alas agar velg tidak tergores.
3. Buang angin sisa dari ban,dengan cara tekan –tekan pada sisi-sisi ban.
4. Lepas kan mur pada baut pengunci ban dalam dengan velg menggunakan kunci yang sesuai biasanya kunci 12 mm.
5. Kemudian congkel secara perlahan agar ban dalam dapat keluar.Saat mencongkel ban arahnya keluar velg.
1. Letakkan sepeda motor pada posisi standar tengah pada tempat yang rata.
2. Lepas baut As roda dengan menggunakan kunci yang sesuai dengan ukuran mur dan baut As roda.
3. Lepas baut pengikat pada rem.
4. Tarik as roda keluar.
Kalau roda sudah terlepas ,kemudian lakukan prosedur pelepasan ban dalam,caranya:
1. Siapkan alat yang di gunakan untuk mencongkel ban biasanya alat pencongkel ban ada 3 buah.
2. Siapkan alas agar velg tidak tergores.
3. Buang angin sisa dari ban,dengan cara tekan –tekan pada sisi-sisi ban.
4. Lepas kan mur pada baut pengunci ban dalam dengan velg menggunakan kunci yang sesuai biasanya kunci 12 mm.
5. Kemudian congkel secara perlahan agar ban dalam dapat keluar.Saat mencongkel ban arahnya keluar velg.
VIDEO YOUTUBE
Kalau untuk pemasangan lakukan prosedur diatas dengan kebalikannya,dan ingat saat memasang ban dalam caranya congkel sisi ban yang kearah luar pada arah dalam permukaan velg sampai semua sisi ban terpasang dialur velg,dan ingat juga jangan sampai mecongkel ban dalamnya,heheh takut nanti jadi bocor.
Nah itulah cara mengganti ban menurut saya,semoga dapat bermanfaat.Jangan lupa tinggalkan komentar.
Nah itulah cara mengganti ban menurut saya,semoga dapat bermanfaat.Jangan lupa tinggalkan komentar.
Sangat menarik dan Terima infonya
BalasHapusterimakasih, sangat membantu manual teknik
BalasHapus